Wellness Dan Erikson Tahapan Pembangunan

0 comments Views:

Saya percaya bahwa memiliki pemahaman yang baik tentang psikologi perkembangan penting untuk kesehatan seseorang holistik. Hal ini untuk alasan ini sebelumnya saya menulis tentang Hirarki Kebutuhan Maslow. Delapan tahap teori erik Erikson perkembangan psikososial adalah salah satu teori terkemuka dalam psikologi perkembangan, dan dengan cara yang mirip dengan Hirarki Maslow. Dia percaya bahwa jika setiap tahap itu meleset bahwa itu akan mempengaruhi tahapan pembangunan lainnya, menjaga satu dari mencapai potensi maksimal nya. Dia merasa program pembangunan ditentukan oleh interaksi tubuh (pemrograman biologi genetika), pikiran (psikologis), dan budaya (etos) pengaruh. Kedua teori dasarnya mengarah ke satu mencapai potensi mereka dalam kehidupan.

Tahap 1

Bayi: Lahir sampai 18 Bulan
Kepercayaan vs Ketidakpercayaan

Erikson juga disebut bayi sebagai Sensory Tahap Oral (karena kebanyakan orang bisa melihat dengan menonton bayi mencoba dan menempatkan sesuatu di mulutnya) di mana penekanan utama adalah pada perawatan ibu positif dan penuh kasih untuk anak, dengan penekanan besar pada visual yang hubungi dan menyentuh. Jika kita melewati berhasil melalui masa kehidupan, kita akan merasa aman dan aman di dunia. Jika kita memiliki pengasuh tidak konsisten yang secara emosional jauh kita mungkin berakhir dengan perasaan tidak berharga dan ketidakpercayaan terhadap dunia pada umumnya.

Tahap 2

Anak Usia Dini: 18 Bulan sampai 3 Tahun
Otonomi vs Malu

Selama tahap ini kita belajar untuk menguasai keterampilan untuk diri kita sendiri. Kami belajar berjalan, berbicara dan memberi makan diri kita sendiri. Kami juga belajar perkembangan motorik halus serta pentingnya pelatihan toilet. Di sini kita memiliki kesempatan untuk mengembangkan otonomi dan harga diri seperti yang kita mendapatkan kontrol lebih besar atas tubuh kita dan mulai belajar benar dan salah. Berhasil menyelesaikan tahap ini menyebabkan kepercayaan sedangkan kegagalan untuk menyelesaikan itu bisa menyebabkan perasaan tidak mampu, keraguan diri dan malu.

Tahap 3

Bermain Usia: 3 sampai 5 Tahun
Inisiatif vs Rasa Bersalah

Selama periode ini kita mengalami keinginan untuk menyalin orang dewasa di sekitar kita dan mengambil inisiatif dalam menciptakan situasi bermain. Kami dapat bermain rumah dan mencoba untuk mengalami apa yang kita yakini artinya menjadi orang dewasa. Kami juga mungkin mulai bertanya banyak pertanyaan tentang dunia di sekitar kita. Anak-anak yang berhasil pada tahap ini merasa mampu dan mampu memimpin orang lain. Jika kita frustrasi atas keinginan alam dan tujuan, kita dapat dengan mudah mengalami rasa bersalah.

Tahap 4

Sekolah Umur: 6 sampai 12 Tahun
Industri vs Rendah Diri

Selama tahap ini, sering disebut Latency, kita mampu belajar, menciptakan dan mencapai sejumlah keterampilan dan pengetahuan baru, dengan demikian mengembangkan rasa industri. Melalui interaksi sosial kita mulai mengembangkan rasa bangga pada kemampuan kami dan prestasi. Jika kita didorong dan dipuji oleh orang tua dan guru kita mengembangkan perasaan kompetensi dan keyakinan dalam kemampuan kita. Jika kami menerima sedikit atau tidak ada dorongan dari orang tua, guru, atau teman sebaya kita akan meragukan kemampuan kita untuk menjadi sukses dan dapat mengembangkan perasaan rendah diri.

Tahap 5

Masa remaja: 12 sampai 18 Tahun
Identitas vs Kebingungan Peran

Sampai tahap ini, menurut Erikson, perkembangan sebagian besar tergantung pada apa yang dilakukan untuk kita. Dari sini pada keluar, pembangunan tergantung terutama pada apa yang kita lakukan. Dan sementara masa remaja adalah tahap di mana kita bukan anak-anak maupun orang dewasa, hidup pasti semakin kompleks sebagai upaya kita untuk menemukan jati diri kita sendiri, berjuang dengan interaksi sosial, dan bergulat dengan isu-isu moral.

Tugas kami adalah untuk menemukan siapa diri kita sebagai individu yang terpisah dari keluarga asal dan sebagai anggota masyarakat yang lebih luas. Banyak dari kita pergi ke masa menarik diri dari tanggung jawab, yang Erikson disebut “moratorium.” Dan jika kita tidak berhasil dalam menjelajahi tahap ini, kita akan mengalami kebingungan peran dan pergolakan.

Ini adalah pengalaman saya bahwa ini adalah salah satu saat yang paling penting dalam kehidupan orang-orang. Tampaknya seolah-olah hari ini bahwa tahap ini bertahan lebih lama, dalam 20-an kami, daripada dulu. Sementara anak-anak dapat tumbuh lebih cepat dari sebelumnya secara fisik, mereka tampaknya akan tumbuh lebih lambat mental.

Tahap 6

Dewasa muda: 18 sampai 35
Keintiman dan Solidaritas vs Isolasi

Langkah ini tampaknya berbaur dengan baik dengan Tahap 5. Tahap ini dan terakhir bermain sebagian besar dalam “krisis kehidupan kuartal”, yang saya akan berbicara tentang secara lebih rinci di kemudian hari.

Pada tahap awal menjadi dewasa kita mencari satu atau lebih sahabat dan cinta. Ketika kita mencoba untuk menemukan hubungan yang saling memuaskan, terutama melalui perkawinan dan teman-teman, kami juga dapat mulai untuk memulai sebuah keluarga, meskipun usia ini telah mendorong kembali untuk banyak pasangan yang saat ini tidak memulai keluarga mereka sampai akhir tiga puluhan. Jika negosiasi tahap ini berhasil, kita bisa mengalami keintiman pada tingkat yang mendalam.

Jika kita tidak berhasil, isolasi dan jarak dari orang lain dapat terjadi. Dan ketika kita tidak merasa mudah untuk menciptakan hubungan memuaskan, dunia kita dapat mulai menyusut, dalam pertahanan, kita bisa merasa superior kepada orang lain.

Tahap 7

Kedewasaan Tengah: 35 sampai 55 atau 65
Generativity vs Stagnasi

Pada tahap ini pekerjaan yang paling penting. Erikson mengamati bahwa usia menengah adalah ketika kita cenderung sibuk dengan pekerjaan kreatif dan bermakna dan dengan isu seputar keluarga kami.

Tugas penting adalah untuk melestarikan budaya dan mengirimkan nilai-nilai budaya melalui keluarga (membesarkan anak-anak) dan bekerja untuk membangun lingkungan yang stabil dan nyaman. Kekuatan datang melalui perawatan lain dan produksi sesuatu yang memberikan kontribusi untuk kemajuan masyarakat, yang Erikson menyebut pembangkitan, sehingga ketika kita berada di tahap ini kita sering takut tidak aktif dan berarti.

Sebagai anak-anak kita meninggalkan rumah, atau hubungan kita atau tujuan perubahan, kita mungkin menghadapi perubahan-kehidupan utama krisis-dan pertengahan kehidupan perjuangan dengan menemukan makna baru dan tujuan. Jika kita tidak bisa melewati tahap ini berhasil, kita bisa menjadi egois dan mandek.

Tahap 8

Akhir Kedewasaan: 55 atau 65 untuk Kematian
Integritas vs Despair

Erikson merasa bahwa banyak kehidupan sedang mempersiapkan untuk tahap dewasa menengah dan tahap terakhir sudah mulai pulih dari itu. Mungkin itu karena sebagai orang dewasa kita sering bisa melihat kembali kehidupan kita dengan kebahagiaan dan puas, merasa terpenuhi dengan rasa yang mendalam bahwa kehidupan memiliki makna dan kami telah membuat kontribusi untuk hidup, Erikson perasaan panggilan integritas.

Di sisi lain, beberapa orang dewasa dapat mencapai tahap ini dan putus asa pada pengalaman dan kegagalan dirasakan. Mereka mungkin takut mati karena mereka berjuang untuk menemukan tujuan untuk hidup mereka, bertanya-tanya apakah itu semua worth it. Atau, mereka mungkin merasa bahwa mereka memiliki semua jawaban (tidak seperti kembali ke masa remaja) dan diakhiri dengan dogmatisme yang kuat bahwa hanya pandangan mereka benar.

Menghubungkannya dengan Holistic Wellness

Hal ini sangat mudah bagi kita untuk menjadi terjebak dalam salah satu dari tahapan ini dan “jatuh di belakang” rekan-rekan kami perkembangan. Hal ini dapat menyebabkan stres yang besar, banyak merugikan kesehatan kita secara keseluruhan. Jika kita menjaga kerangka pemikiran ini dapat menjadi lebih mudah untuk memprioritaskan tugas-tugas dan berpikir ke dalam apa yang akan membantu kita pindah ke tahap berikutnya dalam kehidupan. Kerangka ini, seperti disebutkan di atas, dapat membantu orang mengatasi krisis tertentu dalam hidup.

Ketika datang ke kesehatan holistik, kesehatan khusus mental, pekerjaan Erikson akan membantu kita banyak sepanjang hidup kita. Ambil pandangan kedua di delapan tahap. Apakah salah satu dari mereka menonjol dalam pikiran Anda sebagai panggung Anda mungkin dalam sekarang?

Leave a Reply


Artikel Pilihan

  • Cari Pacar Khusus Wanita Cara Mendapatkan Pacar Buat Cewek

    Cara Mendapatkan Pacar Buat Cewek

    Buat Cewek, Masih Sendiri atau tidak memiliki pacar adalah sesuatu yang tidak menyenangkan, kadang kita menginginkan sentuhan dan belaian kasih sayang seorang cowok atau pacar yang menyayangi dan melindungi kita, anda dapat membaca artikel berikut selanjutnya untuk mendapatkan seorang cowok yang anda idamkan. 1. Temuilah Orang – orang baru. Sebelum Anda mendapatkan pacar, Anda harus menemui beberapa orang yang baru. Anda dapat mencoba dan masuk ke hubungan dengan seorang pria. Apabila anda sudah bertemu dengan beberapa orang baru, cobalah anda […]

    Read more →
  • Hubungan Rumit Rahasia Hubungan Cinta Yang Bahagia

    Rahasia Hubungan Cinta Yang Bahagia

    Hubungan seperti pernikahan, percintaan, pacaran, hidup bersama atau salah satu dari jenis serupa dapat dipertahankan dengan catatan kita menjalani dengan senang dan jika beberapa aturan rahasia ini diikuti. Hubungan benar-benar subjektif dan tidak ada aturan yang jelas dan  dapat dijalankan di atasnya, namun mengikuti pedoman tertentu dapat membantu menambah kebahagiaan dalam suatu hubungan. Banyak dari pasangan ini, menggunakan aturan didasarkan pada pengalaman hidup dari banyak pasangan bahagia dan juga pengamatan orang. Ketika dua orang masuk ke dalam hubungan, banyak dari […]

    Read more →
  • Pertahankan Hubungan Cara – Cara Membuktikan Cinta Kepada Pasangan Spesial Anda

    Cara – Cara Membuktikan Cinta Kepada Pasangan Spesial Anda

    Banyak cara untuk membuktikan cinta anda, tidak hanya dengan bicara saja. anda bisa melakukan cara pembuktian cinta anda dengan banyak cara, betapa cintanya anda kepada si dia. bisa di buktikan pada moment – moment tertentu atau dengan memberikan suatu hadiah tertentu kepada pasangan kita. beberapa cara ini adalah yang biasa dilakukan oleh seorang pasangan kepada kekasihnya untuk membuktikan cinta nya : 1. Dengan Kepercayaan : Kepercayaan dan pengertian yang ada pada diri anda membuktikan cinta anda pada si dia, dengan […]

    Read more →
  • LDR 5 Tips Bertahan Menjalani Hubungan Jarak Jauh (LDR)

    5 Tips Bertahan Menjalani Hubungan Jarak Jauh (LDR)

    Saat kamu dan dia bersepakat untuk menjalin suatu hubungan jarak jauh, pondasi yang utama dan paling awal dalam hubungan jarak jauh adalah kepercayaan. Jika kamu dan dia sudah sangat siap menghadapi berbagai tantangan yang akan menghadang, maka dapat dipastikan hubungan kamu dengan dia akan berjalan mulus meskipun banyak “batu menerjang”. Untuk dapat mempertahankan hubngan jarak jauh kalian, berikut ada beberapa tips yang dapat membantu kalian dalam menjalani hubungan jarak jauh : Menjaga Komunikasi Teknologi canggih dapat kamu manfaatkan dengan tetap […]

    Read more →
  • LDR 4 Problem yang Biasa Menghadang Hubungan Jarak Jauh

    4 Problem yang Biasa Menghadang Hubungan Jarak Jauh

    Namanya juga menjalani suatu hubungan, pasti kamu bukan hanya merasakan manis aja namun kamu juga pasti merasakan pahitnya berpacaran. Terlebih jika kamu menjalani hubungan jarak jauh atau yang terkenal dengan long distance relationship (LDR). Duh, pasti banyak sekali hal yang harus kamu dan dia lewati demi mempertahankan hubungan kamu dengannya. Tak ada yang salah dengan hubungan jarak jauh, namun yang perlu kamu pertimbangkan saat kamu memutuskan untuk menjalani hubungan jarak jauh adalah mungkin akan banyaknya masalah yang akan muncul. Berikut […]

    Read more →
  • LDR Menjaga Hubungan Cinta Jarak Jauh Agar Tetap Baik

    Menjaga Hubungan Cinta Jarak Jauh Agar Tetap Baik

    Menjalani hubungan cinta jarak jauh (LDR – Long Distance Relationship) bukanlah suatu kendala bagi pasangan yang sudah saling memahami untuk memperoleh kebahagiaan. Dengan menjaga komunikasi sebaik-baiknya dapat membuat hubungan cinta jarak jauh kamu tetap mesra dan harmonis. Komunikasi adalah kunci penting dari hubungan cinta jarak jauh ini. Kebanyakan hubungan cinta jarak jauh dapat terjadi karena adanya tuntutan perkerjaan yang harus dilakukan, dan itu semua adalah rasa pengorbanan yang harus dijalani untuk lebih bisa belajar menerima suatu keadaan. Bagi kamu para […]

    Read more →
  • Hubungan Rumit Kamu HTSan? Ini Dia Plus Minusnya

    Kamu HTSan? Ini Dia Plus Minusnya

    Kenapa ya para jomblo terkadang lebih memilih menjalin hubungan tanpa status yang sekarang ini semakin marak? Kadang mereka melakukannya karena ada pro kontra yang menyertainnya lho. Nah, karena nggak mau ambil resiko akhirnya dipilihlah hubungan tanpa status ini. Berikut adalah plus minus dari hubungan tanpa status, mungkin bisa menjadi panduan buat kamu yang berniat buat menjalani hubungan ini dengan gebetan kamu. Simak ya! Sisi Plus Dia Lebih Memahami Kamu Saat kamu memilih menjalani hubungan tanpa status, hal yang pasti adalah […]

    Read more →
  • Hubungan Rumit 5 Penyebab Hubungan Tanpa Status (HTS)

    5 Penyebab Hubungan Tanpa Status (HTS)

    Banyak pasangan yang ingin memiliki hubungan asmara tapi tidak ada ikatan, hal ini bagi sebagian orang sangat mengasyikan. Padahal saat menjalani hubungan dengan seseorang, ada 3 hal yang harus di penuhi yaitu keintiman, gairah bercinta, dan yang terakhir adalah komitmen. Dalam HTS hanya ada satu unsur yaitu nafsu semata, dan tidak adanya komitmen. Nah mengapa bisa terjadi HTSan? Berikut adalah 5 penyebab terjadinya HTS: Faktor Dari Dalam (Internal) Faktor dari dalam biasanya datangnya dari kedua pasangan yang sedang dirundung masalah […]

    Read more →
  • Hubungan Rumit Kamu TTMan Sama Doi? Ini Plus – Minusnya

    Kamu TTMan Sama Doi? Ini Plus – Minusnya

    Dibilang pacar bukan, dibilang teman tapi kok mesra ya? TTM alias Teman Tapi Mesra memang sedikit sulit menjelaskan status hubungannya. Tidak ada kepastian yang seharusnya dirasakan oleh masing-masing pelaku. Namun nggak sedikit loh yang menjalani status TTMan, dan mungkin termasuk kamu sedang menjalaninya. Padahal kalo dilihat, TTMan malah bisa bikin satu sama lain sakit hati. Nah, untuk itu kamu perlu tahu plus minus hubungan TTM yang mungkin sedang kamu jalani: 1.     Plus Kamu Merasa Dipahami Kamu merasa bahwa kamu sangat […]

    Read more →
  • Hubungan Rumit 3 Penyebab Utama Pacaran Backstreet

    3 Penyebab Utama Pacaran Backstreet

    Backstreet kalau diartikan secara harfiah adalah jalan belakang. Dengan kata lain, backstreet adalah hubungan percintaan yang dilakukan diam-diam atau sembunyi. Kok diam-diam? Kenapa tidak go public saja? Hematnya, backstreet dilakukan untuk menyembunyikan suatu hubungan dari orang lain. Backstreet biasanya disebabkan oleh orangtua, teman, hingga pacar. Diam-diam kan nggak enak? Terus kenapa masih banyak yang berminat? Berikut adalah alasan banyak orang memilih backstreet. Orang Tua Melarang Pacaran Banyak sekali orang tua yang melarang anaknya untuk berpacaran. Hal ini disebabkan oleh berbagai […]

    Read more →